Kamis, 07 Januari 2010

8 H a r t a K a r u n I n d o n e s i a

Indonesia is culture. Karena penduduknya beragam bangsa dan suku, maka kebudayaannya pun bisa mencapai ratusan. Mulai dari tarian, bahasa, kerajinan tangan, dan lagu. Dan karena budaya kita dekat dengan negara tetangga, maka banyak kabar simpang siur tentang budaya yang makin dibikin panas sama provokator. Daripada ikut-ikutan terprovokasi, mendingan kita kenali dulu yuk budaya Indonesia secara mendalam !!!


1. BATIK

Kain ini sebelumnya cuma bisa kita liat di foto-foto pahlawan, dipakai sama ibu-ibu pejabat, atau kamu temui saat nemenin papa-mama kamu ke resepsi pernikahaan. Beda banget dengan saat ini, semua orang bisa pakai dalam suasana santai, apalagi resmi. Batik itu ternyata sudah dikenal sejak abad XVII yang ditulis dan dilukis diatas daun lontar. Cara tradisional membuat batik yaitu dengan menggunakan lilin yang dipanaskan dengan bantuan canting lalu dilukiskan pada kain dan selanjutnya melalui proses pencelupan warna. Walaupun, pekalongan dikenal sebagai daerah penghasil batik ( di daerah Kedungwuni dan Wiradesa ) namun sebenarnya di beberapa propinsi di Indonesia juga memiliki batik, yang membedakan adalah motifnya. Beberapa daerah penghasil batik lainnya adalah Cirebon, Solo, Yogyakarta.


2. LAGU RASA SAYANGE

“ Rasa sayange rasa sayang sayange, Eeee lihat dari jauh rasa sayang sayange…” Di akhir lagu, liriknya selalu di akhiri dengan kalimat, kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi. Kalau ada umur di panjang, boleh kita berjumpa lagi. Kita tahu, lagu ini berasal dari Maluku. Lagu ini pun memang terbukti milik Indonesia dengan bukti perekaman pertama dilakukan di Perusahaan Percetakan Negara Lokananta, Roektiningsih, lagu tersebut direkam pada 15 Agustus 1962 sebagai souvenir Asian Games IV yang diberikan kepada para Negara partisipan.


3. REOG PONOROGO

Kalau kata negara lain, nama REOG PONOROGO adalah Baronga. Propertinya pun sama, yaitu topeng dadak merak dan topeng berkepala harimau. Terlepas dari itu, REOG PONOROGO mempunyai cerita sendiri. Para penari ini menggambarkan sosok singa yang pemberani. Menurut sesepuh REOG PONOROGO, Kasni Gunopati alias Mbah Wo Kucing, gerakan-gerakan dalam tari REOG PONOROGO menggambarkan tingkah pola manusia dalam perjalanan hidup mulai lahir, hidup, hingga mati. Ternyata dari sebuah tarian kita bisa belajar banyak lho.


4. WAYANG

Wayang adalah jenis pagelaran kesenian yang berasal dari Jawa dan Bali. Terdapat tiga jenis wayang di Indonesia, yaitu wayang orang, wayang kulit dan wayang golek. Wayang sendiri sudah mendapatkan pengakuan sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan sangat berharga (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity). Oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003. Cerita yang dikisahkan dalam pagelaran wayang biasanya berasal dari cerita Mahabharata dan Ramayana. Sunan Kalijaga juga menggunakan wayang sebagai cara penyebaran agama Islam.


5. CANDI BOROBUDUR

Walaupun sekarang Candi Borobudur sudah keluar dari list 7 keajaiban dunia, tapi tetap jadi kebanggaan bangsa Indonesia yang harus kita jaga dan lestarikan. Candi ini memang punya nuansa magis dan ajaib. Candi Borobudur memiliki 1460 relief, 504 stupa Budh, dan 10 tingkat berbentuk punden berundak-undak dengan stupa Budha di puncak tertingginya. Konon katanya, batu-batu dasar pembuatan candi Borobudur tidak direkatkan menggunakan semen tapi menggunakan putih telur. Candi ini dibangun oleh Raja Samaratungga ( salah satu raja Mataram Kuno ) sebagai tempat ibadah yang selesai dibangun pada 26 Mei 824. Nama Borobudur sendiri menurut beberapa orang berarti sebuah gunung yang berteras-teras ( budhara ).


6. PERMAINAN TRADISIONAL
Masih inget nggak permainan tradisional apa yang sering mainkan ketika masih SD? Kalau nggak,let sister ring a bell. Ada gerobak sodor,galasin,gatriks, tak kadal, congklak, gasing, nenek ubi, bekel, petak umpet, enggrang, dan masih banyak lagi. Permainan-permainan tersebut benar-benar menjunjung tinggi sportivitas loh! Coba sekali-kali tinggal PS kamu dan ajak teman bernostalgia dengan permainan ini, pasti seru!



7. ANGKLUNG
Alat musik tradisional yang terbuat dari bamboo ini, berasal dari tanah Sunda. Dikenal sejak masa kerjaan Sunda, angklung digunakan sebagai penggugah semangat dalam pertempuran. Fungsi angklung sebagai pemompa semangat rakyat masih terus terasa sampai pada masa penjajahan. Ternyata angklung tak sebatas alat musik tapi bisa memnbantu kemerdekaan Indonesia.


8. RAMAH TAMAH
Ini nih salah satu yang Indonesia dikenal sebagai bangsa yang ramah dan murah senyum. Belum lagi kumpul-kumpul atau ngariung yang menjadi kebiasaan bagi bangsa kita. Itulah yang membuat para turis senang dan ketagihan datang ke Indonesia. Mau dong menjaga budaya bangsa yang satu ini agar cirri kepribadian bangsa Indonesia tidak lekang dimakan waktu.



sumber : Majalah google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar