Jumat, 08 Januari 2010

100% Hijau . . .





APa betul di Jakarta masih ada lingkungan yang asri penuh dengan tanaman sekaligus bebas sampah ??? Ada, ko !!! Ini buktinya . . .

Ternyata, di tengah “ribetnya” kota Jakarta masih terdapat lingkungan yang serba hijau, dengan warga yang berlomba-lomba untuk hidup sehijau mungkin. Tempat ini adalah Kampung Banjarsari, Cilandak, Jakarta Selatan. Hijaunya tempat ini dipelopori oleh Ibu Harini Bambang Wahono alias Eyang, yang sukses “menyulap” Banjarsari menjadi salah satu daerah paling asri di Jakarta, hingga mendapat penghargaan dari PBB. Belum stop sampai di situ saja, tahun 1996-2003 Kampung Banjarsari dijadikan pilot project oleh UNESCO untuk penghijauan plus pengelolaan sampah menjadi kompas. Sampai tahun ini pun 2010 masih tetap berjalan Wah, hebat !!! Dan sekarang, saking hijaunya daerah ini dijadikan Kampung TUjuan oleh Pemerintah DKI Jakarta.

Kamu mau coba seperti Ibu Harini ??? Dengan mengolah sampah, kamu juga bisa mengubah lingkunganmu jadi sama hijaunya dengan kampung Banjarsari. Asiknya lagi, kamu bisa melakukannya sendiri, lho !!! Begini caranya :
1. Bikin Pupuk Cair :
Pisahkan sampah organik (misalnya kulit buah, sisa masakan, dll), lalu bungkus dengan kain kelambu yang berlubang-lubang, terus rendam selama 1 minggu di dalam bak berisi 10 liter dengan perbandingan air 10 liter untuk 1 kg sampah organik. Cairan yang sudah tercampur itu akan menjadi pupuk cair yang bisa langsung digunakan.

2. Buat Lubang Biopori Di Halaman :
Gali tanah di halaman rumah sedalam 1 meter. Setiap kali ada sampah organik, langsung “buang” ke dalam lubang tersebut. Lubang biopori milikmu siap menyuburkan pohon dan tanaman, sekaligus mengurangi banjir (plus sampah !!!).









Sumber : Majalah Cosmo girL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar